1+1=….

Ini cerita pertama kali pas ppl di sekolah. Intinya waktu itu lagi nungguin guru pamong yang masih ada keperluan. Nunggulah aku sama temen-temen di lobi sekolah (keren ya istilahnya berasa kaya hotel gak sih ? hahaha). Nah disana kita disambut sama bapak guru yang ternyta setelah perkenalan beliau adalah guru fisika. Dan wejangan yang beliau sampaikan adalah

Terkadang ya mbak, teori di kampus itu gak sama kaya praktek di lapangan.

Aku manggut manggut. Iya emang bener bapak ini. Aku sih nangkepnya yang dimaksud teori di sini itu teori tentang pembelajaran. Trus si bapak melnjutkan,

Contohnya gini, 1+1 sama dengan berapa?

Ya secara kita anak matematika, ya kita pada ngejawab 2, kecuali si mithonk si, dia malah ngejawab 3 (gatau apa alasannya).

Secara matematika memang bener mbak kalo 1+1=2, tapi kalo di fisika bisa aja 1+1=0

Aku bingung. Mikir….

Misalkan ada gaya 1N ke kiri dan 1N ke kanan. Kalo di jumlah kan 0.

Oooooo iya ya. Gak mikir sampek sana. Maklum pak, ilmu fisika saya udah ngasep hehehehe

Tapi bisa aja 1+1 = tak tentu

Mikir lagi. Apaan lagi nih …

Coba aja taruh satu ekor tikus jantan sama satu ekor tikus betina dalam 1 kardus, amati beberapa minggu kemudian dan liat apa yang terjadi. Jadi kalo di biologi 1+1=tak tentu

yayaya make sense sih Pak.

Masih ada lagi mbak, ini yang umum, 1+1=11

(yeah you know lah kenapa alasannya)

Masiih ada lagi mbak, kalo ini 1+1=5. Hayo tebak gimana caranya?

*mikir* *muter otak*

Coba gini, satu jari telunjuk ditambah satu jari tengah, nah itu membentuk huruf apa?

Huruf V Pak.

Nah, huruf V itu romawi dari angka berapa? 5 kan? berarti boleh kan 1+1=5

 

kalo gak ketawa di kira gak sopan, tapi mau ketawa kok krik krik gitu ya hahaha. Kesimpulannya 1+1 itu punya banyak solusi, depends on what is the subject that represent number 1 and how we calculate it.

 

*tulisan ini hiburan semata, tidak baik dibaca anak dibawah umur 16 karna saya bisa dilaporin ke guru matematikanya*

One thought on “1+1=….

  1. cuma nambahi alasan.😀
    1 + 1 = 0 , secara matematika masih bisa. Matematika binner. Kan kalau bicara bilangan binner yang ada cuma 0 dan 1. jadi
    1 + 1 = 2 mod 2 = 0
    0 + 1 = 1 mod 2 = 1
    0 + 0 = 0 mod 2 = 0
    1 + 1 + 1 + 1 = 4 mod 2 = 0.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s