trip to Jogja-paradise in Java (planning)

Sebenernya trip to jogja ini libur semester kemaren. Tapi, tapi karna ada hal hal yang tak diinginkan pffffft gagal maning deh. Padahal aku udah bikin semua list harga dan kegiatan di sananya. Yaudah di share aja deh, sapa tau ada yang mau ke jogja, jadi info ini gak Cuma terhimpun sia sia.

Sumber: macem2 pages di inet, temen2, dll

MALANG-JOGJA

Berangkat

Ada 2 pilihan berangkat ke jogja dari malang.

1. BIS MALAM

Kalo yang paling murah sih bis malam handoyo (0341-403181)>> 72ribu. Berangkat jam 7 malem, nyampe jam 3 pagi, dan turun di jembatan janti .

Atau kalo mau yang agak mahalan dikit naik bis safari >> 90rb. Berangkat jam 8 malem, nyampe jam 5 pagi, dan turun di jembatan janti.

2. KERETA API

Menurut info sih kalo kereta malang-jogja lebih mahal daripada bisnya, sekitar 90rb/100rb ke atas lah. Tapi tenang ada kok yang lebih murah, hehehe. Dari malang kita ke surabaya dulu turun di St Gubeng (KA Penataran) harga nya sih kalo gak salah sekitar 5rb. Habis itu kita naik kereta Sri Tanjung (Banyuwangi-Jogja) dan turun di lempunyangan. Harga tiket kreta sekitar 40 ribu an. Jadi total Cuma 45ribuan. Nah, murah banget kan?? Cuman aku gak tau jadwalnya Sri Tanjung di St Gubeng itu jam brapa. Dan lagi kelemahannya kalo naik kreta, kita butuh waktu yang lebih lama.

JOGJA

Kalo naik bis malem kan pagi tuh, jadi cari taksi dah buat ke mesjid terdekat, sholat dan mandi sekalian kalo bisa, huehehehe. Ntar kalo udah jam setengah 6 ato lebih lanjut ke rencana DAY 1. Tapi kao naik kreta kemungkinan kita nyampek jogjanya malem hari, jadi kita mending ke daerah malioboro buat cari penginapan sekalian jalan2. Dari stasiun lempuyangngan kita cari halte dan naik trans jogja yang tujuan halte malioboro. Tarif bis nya juga murah, Cuma 3 ribu. Baru besoknya kita lanjut ke acara day 1.

DAY 1 >> PRAMBANAN, MALIOBORO, KERATON JOGJA/TAMANSARI

Kalo ke jogja harus ke prambanan dong ya. Caranya gimana? Pertama kita cari halte dari trans jogja. Trus cari bis yang tujuan prambanan (lupa aku bis mana nya, tanya petugas aja ya hehe). Tarif 3 ribu rupiah. Biaya masuk prambanan+candi ratu boko 30ribu weekday, 40rb weekend+hari libur. Abis itu siangnya, kalo kita belum dapet penginapan langsung cus aja ke malioboro(daeah dagen, sosrowijan), naek transjogja lagi. Kegiatan siang menjelang sorenya naek becak (10ribu) ato jalan kaki ke keraton jogja atau tamansari. Habis dari sana kita balik lagi ke malioboro lagi, nah yang ini usahakan jalan kaki, soalnya biar bisa liat2 benteng Vredeburg (katanya tempatnya bagus buat foto2). Jauh gak sih malioboro-keraton/tamansari. Bagi yang hobi jalan sih deket kok Cuma sekitar 1,5km. Habis itu istirahat bentar deh di losmen, mandi, dll. Malemnya kalo masih belum capek, bisa JJM(Jalan Jalan Malem) ke kopi Jos Utara St Tugu. Tapi kalo udah capek ya di sekitaran malioboro aja, beli oleh2 mungkin.

DAY 2 ≫ BOROBUDUR, DESA WISATA KALIADEM/KALIKUNING

Borobudur ini sengaja di sendiriin , soalnya menurut info (searching sana sini) lokasinya yang agak jauh dari jogjanya. Dari Malioboro (tempat nginep) ke terminal dulu, naik bus trans jogja yang ke arah terminal Jombor. Habis turun di terminal Jombor, naik bis ke arah borobudur, bayarnya 10 ribu(agak mahal sih ini). Biaya masuknya masih 30 ribu doang. Trus kalo udah puas jalan-jalan, foto-foto, dari borobudur bisa ke tempat wisata desa kaliadem/kalikuning. Biaya masuknya cukup 20 ribu aja.

DAY 3 ≫ PARANGTRITIS/PULANG

Kalo liburannya terbatas di day  3 bisa langsung pulang. Transportasi sama kay berangkatnya tadi. Tapi kalo masih mau jalan-jalan lagi di jogja, bisa mengunjungi pantai parangtritis. Dari malioboro, silahkan naik trans jogja turun di Giwangan. Setelah itu oper naik bis yang jurusan parangtritis.

Sekian share kali ini. Semoga bisa ke Jogja waktu liburan yang akan datang. Amiien. Semoga postingan ini berguna bagi yang mau travelling ke Jogja.Happy holidaaay^^

2 thoughts on “trip to Jogja-paradise in Java (planning)

  1. paling enak ke jogja naek kereta . .
    tp yg bisnis, kalo naek yang ekonomi seraaamm!!!
    klo hotel jgn nginep di homestay, harganya bisa melambung luar biasa klo tampang kita anak baik” . .
    paling aman di hotel agung aja murah trus ac . .
    transportasi plg nyaman sewa motor matic . .😀

    makan : jgn bli makan di malioboro klo mw hemat!! makan di HOS Cokroaminoto aja banyak yang muraaahh!! Steak and shake dsna lbh murah dan lbh enak dari di malang…

    semoga bermanfaat bagi perencanaan liburannya . .
    :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s